Pabrik Ford di India Ditutup, Karyawan Minta Jaminan Pekerjaan

Rabu, 15 September 2021 - 09:26 WIB
loading...
Pabrik Ford di India Ditutup, Karyawan Minta Jaminan Pekerjaan
Ford akan menghentikan operasional pabriknya di Sanand dan Chennai, dua negara bagian di India. Foto/dok
Pabrik mobil Ford di India mengumumkan akan menghentikan produksinya karena terus mengalami kerugian. Pengumuman mendadak yang dilakukan Ford tersebut membuat ribuan tenaga kerja mengadukan nasibnya ke pemerintah setempat.

Dikutip dari Autoblog, Ford akan menghentikan operasional pabriknya di Sanand di negara bagian Gujarat barat pada kuartal keempat tahun 2021 dan manufaktur kendaraan dan mesin di pabrik India selatan di Chennai pada tahun 2022, berpotensi memberhentikan hingga 4.000 karyawan.

BACA: Cabut dari India, Ford Bikin 4.000 Tenaga Kerja Kehilangan Pekerjaan

"Pengumuman mendadak oleh Ford itu membuat 2.600 pekerja tetap dan lebih dari 1.000 staf kontrak bakal kehilangan mata pencaharian mereka," kata anggota serikat pekerja.



"Ribuan pekerja berisiko kehilangan pekerjaan sebagai akibat dari keputusan Ford untuk menutup pabriknya di Chennai," kata Serikat Pekerja Ford Chennai dalam sebuah surat tertanggal 11 September yang ditujukan kepada menteri negara bagian Tamil Nadu TM Anbarasan.

Serikat pekerja telah meminta Anbarasan untuk memastikan bahwa mata pencaharian para pekerja dilindungi dengan menciptakan lapangan kerja baru.

Serikat pekerja lain di Chennai, Center of Indian Trade Union (CITU), mengadakan protes terhadap manajemen perusahaan dan pemerintah India pada Senin pagi.

BACA JUGA: Cara Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri, Gampang Kok!

Sebuah poster mengumumkan protes mempertanyakan kebijakan "Make in India" Perdana Menteri Narendra Modi, yang telah berjanji untuk meningkatkan pekerjaan manufaktur di India.

"Pemerintah perlu turun tangan dan menghentikan ini sekarang," kata E Muthukumar, sekretaris CITU kepada Reuters.
(ysw)
preload video
Komentar Anda